Kadang merawat lingkungan itu susah dan bahkan tidak semua orang berkemauan untuk merawat dan melindungi lingkungan itu sendiri. Merawat lingkungan membutuhkan waktu dan minat, tanpa paksaan dari orang lain. Ada kata pepatah “Kebersihan adalah sebagaian dari iman”. Ya, kebersihan dari lingkunganlah yang dapat mendukung kinerja dan proses belajar mengajar di sekolah. 

Tepatnya tanggal 29 September 2013, semua kelurga SMANDA sedang melaksanakan kerja bakti dalam rangka Adiwiyata. Tentu saja semua siswa-siswi sangat antusias dalam kegiatan ini . Bukan hanya para siswa-siswi yang bergotong-royong membersihkan sekolah, tetapi seluruh guru dan staf juga terjun ke lapangan untuk membantu para siswa-siswi membersihkan sekolah.

 

Bukan hanya sekedar membersihkan sekolah, tetapi mereka juga memberikan informasi yang sangat bermanfaat sebagai tambahan ilmu dan wawasan siswa-siswi SMANDA .

XII-IB-1

Siswa-siswi kelas XII-IB-1 sedang sibuk dengan tugasnya masing-masing. Membersihkan taman dan kelas lebih tepatnya, membersihkan sampah dan debu-debu yang sekiranya merusak keindahan kelas agar terlihat bersih dan indah. “Kelas yang bersih juga dapat menambah suasana belajar menjadi lebih bersemangat dan nyaman” ujar warga di XII-IB-1.

Taman belakang terlihat indah berkat kerja keras dari siswa kelas XII-IB-1 yang penuh semangat dan keiklhas untuk membuat lingkungan sekolah menjadi lebih indah dan nyaman. “Kami sedang membersihkan rumput liar yang dapat mengganggu pertumbuhan dan perkembangan pohon ini, oleh karena itu membersihkan adalah salah satu cara agar pohon ini dapat tumbuh dengan baik” kata mereka. Kebersihan pangkal kesehatan, tetapi untuk dapat membuat kelas bersih di butuhkan pengorbanan dan saling bahu membahu satu sama lain.

XII-IA-4

Siswa siswi kelas XII-IA-4 mendapat tugas yang berbeda dan unik dari kelas yang lain. Mendata tanaman ekologis tepatnya. Banyak sekali manfaat dari tanaman ekologi di sekolah ini salah satunya seperti pohon jati dan mahoni. Yang beberapa bagiannya dapat dimanfaatkan  :

1.Batangnya bisa dibuat sebagai bahan bangunan.

2.Akarnya bisa mencegah erosi dan menyimpan cadangan air.

3.Daunnya yang rimbun bisa dijadikan tempat berteduh.

Kegiatan tersebut memiliki banyak manfaat, memiliki nilai ekologis, dan mengetahui jenis tanaman ekologis yang ada di sekolah ini. Kelas ini mempunyai rencana untuk memperkenalkan tanaman ekologis dan manfaatnya kepada orang lain. “Kegiatan ini bukan sekedar kegiatan musiman tetapi harus selalu dibudidayakan” ujar mereka

XII-IA-1

Tugas dari kelas XII-IA-1 juga berbeda dari kelas yang lain ,mereka mendata tanaman produksi seperti mangga yang bisa dimanfaatkan. “Pohon mangga di sekitar kelas tersebut dapat memberi manfaat langsung dan tidak langsung untuk sekolah” kata mereka. Buah mangga yang dapat difungsikan sebagai tempat untuk berteduh dan juga merindangkan tempat agar suasana belajar menjadi nyaman merupakan manfaat langsung, sedangkan menghasilkan buah merupakan manfaat yang yang tidak langsung. “Semua tanaman di sekolah sangat bermanfaat dan mempunyai keunggulan tersendiri”.

 

Pada Pentas Seni HUT SMANDA ke-42 kali ini panitia akan mengundang Kotak sebagai Bintang Tamu

PBS (Pekan Berkunjung SMANDA) 2017, 9-14 Januari 2017, Siap Berbagi Ikhlas Memberi - Maju Bersama Hebat Semua

Pengumuman

Dalam rangka memeriahkan HUT SMA Negeri 1 Pandaan ke-41

digelar serangkaian lomba-lomba baik Internal maupun Eksternal

Info SMANDA

Ayo segera daftarkan diri Anda

pada lomba-lomba yang digelar pada HUT SMANDA ke-41 kali ini

banyak manfaat dan keuntungan yang diperoleh...

Template Settings

Color

For each color, the params below will give default values
Blue Red Oranges Green Purple Pink

Body

Background Color
Text Color

Header

Background Color

Footer

Select menu
Google Font
Body Font-size
Body Font-family
Direction