Tahukah kalian tentang tanaman yang satu ini ? Namanya sirih merah, tanaman yang bernama latin Crocatum piper ini memang merupakan tanaman yang asing bahkan belum pernah kita dengarkan  sebelumnya. Tahukah kalian bahwa tanaman sirih merah ini merupakan tanaman yang sangat bermanfaat bagi manusia. Seperti yang dilakukan kelas XII-IA-2 ini memang patut untuk ditiru. 

 Menurut Hj. Sulistyorini, M.M. selaku pembina pokja green house dan pokja Sirih Merah ini menegaskan bahwa sirih merah mempunyai banyak manfaat dan khasiat seperti:

1.Sebagai obat keputihan 

2.Sebagai obat bagi penderita Diabetes Militus 

3.Sebagai obat penyakit ginjal dan hati

4.Sebagai penghilang bau mulut 

5.Sebagai penghambat mimisan hidung 

6.Sebagai obat untuk menghilangkan jerawat 

7.Sebagai obat yang bisa menurunkan tekanan darah 

Banyak sekali rupanya manfaat sirih merah bagi kehidupan manusia yang belum pernah kita ketahui.  Hj. Sulistyorini, M.M. menegaskan bahwa di SMANDA, sirih merah sudah dipromosikan di kalangan sekolah untuk dijual di koperasi sebagai teh sirih merah, bahkan pada tahun 2009 sudah di promosikan. Pada kesempatan hari ini, Hj. Sulistyorini, M.M. dan juga siswa-siswi kelas XII-IA-2 akan mengulas sedikit cara membuat sirih merah menjadi minuman yang sangat menyegarkan, dan cara pembuatannya tidak begitu susah untuk dapat kita praktekkan di rumah. 

Cara-caranya sebagai berikut :

1.Ekstrak daun sirih merah yang sudah dikeringkan 

2.Masukkan kedalam kantong seperti teh celup 

3.Siapkan air mendidih/hangat dan berilah sedikit gula atau sesuai selera

4.Teh sirih merah siap dikonsumsi 

Sudah kita ketahui berbagai manfaat dan khasiat dari sirih merah. Oleh karena itu minumlah Teh sirih merah agar tubuh kita tetap sehat.