This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
 +62 343 631593

EXTRAORDINARY MOMENT of KARATE FUNAKOSHI

Tanggal 26 Oktober, ekstrakurikuler karate mengadakan persami.

Acara dimulai pukul 16.00. semua peserta berkumpul menggunakan seragam olahraga khas SMAN 1 Pandaan. Tidak hanya peserta persami yang ikut, ada juga senior dan para alumni yang turut ikut mengisi acara persami.

Barang-barang yang dibawa pada persami kali ini cukup bervariasi antara lain: jeruk, permen, uang logam 1000, tali raffia, yakult, yahh pokoknya seperti anak MOS, bawa yang aneh-aneh.

Nah, setelah peserta berkumpul, peserta digiring menuju ruangan istirahat untuk menaruh barang-barang. Setelah itu, peserta kembali ke taman tengah untuk melakukan kebiasaan karate yaitu pemanasan. Setelah pemanasan, para peserta berlatih dasar-dasar jurus karate.

 

Setelah cukup penat berlatih dasar, para peserta digiring kembali ke ruang istirahat untuk istirahat sejenak sambil menunggu adzan magrib (waktu telah menunjukkan pukul 17.15). saat para peserta  beristirahat, para senior dan alumni sibuk rapat untuk mempersiapkan siksaan untuk para peserta (sebenarnya bukan siksaan sih..). saat adzan magrib berkumandang, semua peserta, senior, dan alumni yang beragama islam menuju mushollah untuk melaksanakan solat magrib.

Selesai solat, peserta, senior, dan alumni melaksanakan kegiatan yang paling dinanti, MAKAN!. Menu pada malam minggu itu adalah nasi goreng sosis. Waktu itu suasana malam minggu hujan rintik-rintik. Selesai makan, para peserta mencuci piring lalu menyiapkan peralatan tugas untuk dikumpulkan kepada para senior dan alumni.

Ini adalah sesi pengumpulan barang-barang yang akan diolah oleh para senior dan alumni.

Setelah semua barang dari semua peserta dikumpulkan, peserta diperbolehkan istirahat sejenak sambil menunggu adzan isya’(waktu menunjukkan pukul 18.40). Saat adzan berkumandang, para peserta, senior, dan alumni yang beragama muslim kembali menuju mushollah untuk melaksanakan solat isya’.

Usai solat, para peserta sibuk mempersiapkan powerpointnya untuk sesi persentasi. Sesi persentasi diadakan di dalam ruang kelas x-is2. Persentasi diawali oleh tampilnya kelompok 5 dengan tema persantasi “SEJARAH KARATE FUNAKHOSI”. Peserta, senior, dan alumni terlihat sibuk memperhatikan. Dalam sesi persentasi ini juga diadakan Tanya-jawab antara penyaji dan penyimak.

Di pertengahan sesi persentasi, salah satu senior kami (mas Fariz) memberikan soal untuk para peserta. Jumlah soal hanya 38. Soalnya memang tidak susah-susah amat dan hanya butuh konsentrasi dan ketelitian.

Dari 20 lebih peserta, yang mampu dan betul dalam mengerjakan soal hanya satu anak saja, sedangkan yang lain salah. Sebagai hukuman, peserta yang salah akan mendapat hukuman berupa dioles dengan ciran hitam yang baunya menyengat (mungkin campuran dari areng dan berbagai minyak).

Selesai dioles-olesi, sesi persentasi kembali dilanjutkan. Peserta mulai mengantuk Karena sesinya yang nggak kelar-kelar(waktu menunjukkan pukul 22.15). akhirnya, pukul 23.20, sesi persentasi diakhiri dan peserta diperbolehkan kembali ke ruang istirahat untuk tidur sebelum dibangunkan lagi untuk sesi pos to pos.

Tepat sekitar pukul 12.30, peserta dibangunkan untuk sesi pos to pos. siswa dibagi menjadi beberapa pasang dalam sesi ini. Pos pada malam itu berjumlah 7 pos. meskipun dengan keadan mabuk (ngantuk) para peserta tetap semangat mengikuti sesi pos to pos. dalam sesi ini, setiap peserta wajib meminum minuman menyegarkan yaitu SAMBIROTO.

Setelah melewati semua pos, peserta diperbolehkan kembali ke ruang istirahat untuk tidur kembali (waktu menunjukkan pukul 02.00).

Pada pukul 04.30, peserta dibangunkan dan digiring menuju mushollah untuk melaksanakan solat subuh. Sesudah solat subuh, peserta diberi tugas untuk mencari bet bertuliskan “FORKI” dan “FUNAKOSHI”. Bet tersebar di beberapa titik di sekitar kamar mandi laki-laki dekat kelas x-is. Setelah semua peserta mendapat bet, peserta dikumpulkan di taman tengah untuk bermain game pertama menjelang mandi dan sarapan. Gamenya tidak sulit, hanya mencari beberapa lembar kertas dan melaksanakan perintah yang tertulis di kertas itu.

Inilah suasana game pembukaan sebelum mandi dan sarapan.

Setelah itu, para peserta mandi lalu sarapan. Usai sarapan, para peserta diminta berkumpul di parkiran untuk game-game selanjutnya. Game yang pertama dilaksanakan di parkiran adalah adu cepat dan tepat dalam memasang alat-alat kumite kepada tubuh atlet. Game ini bertujuan untuk melatih ketangkasan para officer/pendamping atlet pada saat nanti di tournament yang sesungguhnya. Game yang satu ini dimenangkan oleh kelompok 2 (jumlah kelompok ada 5)

Game selanjutnya adalah game tentang kepercayaan terhadap teman. Game ini dilakukan oleh 4 orang yang 2 diantaranya ditutup matanya dan yang 2 sebagai pemandu. Game ini melatih atau membentuk kepercayaan kita terhadap teman kita (selagi berbuat baik). Game kali ini dimenangkan oleh kelompok  3.

Game yang selanjutnya adalah game kekompakan kelompok dan ketangkasan gerak tubuh. Game ini dibagi menjadi beberapa pos. ada pos lari dan tiarap, pos gendong, pos zig-zag, pos pukul-tendang, dan pos loncat. Game kali ini pemenangnya adalah kelompok 2 lagi.

Game terakhir adalah game jebakan. Mangapa jebakan? Karena game terakhir ini bertujuan untuk menjebak para peserta agar berkonsentrasi dan tanpa disadari para senior dan pelatih mengguyur peserta dengan air shampoo.

Setelah basah-basahan, giliran pembagian hadiah untuk para pemenang dan kelompok favorit.

Setelah hadiah dibagikan, giliran membully peserta karate yang berulang tahun (Puspita Nelly). Semua anggota karate mengikat Puspita di pohon jati dan menyiramnya dengan air zamzam ala karate.

DAN AKHIRNYA…. 

Setelah semua acara selesai, para peserta diperbolehkan ganti pakaian dan persiapan pulang. Kelas yang dipakai untuk ruang istirahat kami bersihkan. Sebelum pulang, semua anggota karate rujak-rujakan terlebih dahulu. Setelah puas dengan rujak, semua anggota karate pulan bersama-sama.

Semua itu adalah rangkaian moment yang tidak akan terlupakan oleh kami (seluruh anggota karate Funakoshi SMAN 1 Pandaan)

SPECIAL THANKS TO KAKAK SENIOR KAMI…

DAN PELATIH KARATE KAMI YANG PALING GANTENG…

Pada Pentas Seni HUT SMANDA ke-42 kali ini panitia akan mengundang Kotak sebagai Bintang Tamu

Penerimaan Peserta Didik Baru SMAN 1 Pandaan Tahun Pelajaran 2017/2018. OFFLINE 12-14 Juni 2017, ONLINE 3-6 Juli 2017, Pengambilan PIN/Token 5-22 Juni 2017

Pengumuman

Dalam rangka memeriahkan HUT SMA Negeri 1 Pandaan ke-41

digelar serangkaian lomba-lomba baik Internal maupun Eksternal

Info SMANDA

Ayo segera daftarkan diri Anda

pada lomba-lomba yang digelar pada HUT SMANDA ke-41 kali ini

banyak manfaat dan keuntungan yang diperoleh...

Template Settings

Color

For each color, the params below will give default values
Blue Red Oranges Green Purple Pink

Body

Background Color
Text Color

Header

Background Color

Footer

Select menu
Google Font
Body Font-size
Body Font-family
Direction