domain smanda

Hai hai... halloooo kawan, Assalamualaikum waromatullah wabarokatuh...
nitizen..., bagaimana punya warta?
semoga semuanya dalam keadaan sehat wal afiah tanpa kekurangan suatu apapun dan semoga hidayah Allah senantiasa menghampiri kita amin.

Udah laba sekali nih gak nulis-nulis di web site ini, ups maksudnya lama…, lama banget gk nulis di site ini mungkin saking lamanya bukan sekedar "banget" tapi udah berubah vokalnya menjadi "bingiiiiit", hehe begitulah kira-kira anak alay menyebutnya ... alay ya ? hihi

 Tak terasa kawan... web ini udah berumur 9 tahun sejak terlahir di tahun 2007. hai... mana tepuknya nih!!!
udah perjaka nih usianya, udah waktunya di khitan kalau saja web ini adalah anak-anak :) 

Disini juga bertepuk nih tapi berupa suara tepukan jari-jemari pada keyboard udah cukup ramai sebagai penyemangat untuk terus berkarya. Setelah saya lihat di web ini ternyata cukup lama gak ikut meramaikan content di web ini bahkan subdomain yg diberikan tuk ku kelola hanya berisi iklan aja :( oooow....

Nah kawan nitizen, ane... saya…, bebas aja ya... maklum gak terbiasa formal. *lanjut : ane mau cerita dikit tentang web ini, history atau sejarah awal mula dibentuknya domain yang cukup keren ini. Hehe bagaimana tidak keren nama domainnya di uber-uber sekolah-sekolah se antero nusantara jeh…, "SMANDA". Tuh... keren bukan ? padahal sebenarnya smanda itu bagi sekolah lain kepanjangannya adalah SMAN 2 (baca: SMAN DUA). Tapi tidak seperti itu artinya bagi kita, SMANDA adalah SMAN 1 PANDAAN.

Pada kisaran tahun 2007 sekolah kita bekerja sama perusahaan R***K (sensor ya..., gk bagus bagi pelajar :) ) dibawah naungan organisasi "Sampoerna Foundation" yang mengharuskan sekolah untuk memiliki website sebagai media publikasi kemasyarakat sebagai syarat kerjasama. Setelah kita bikin sebuah domain dan webhostingnya ke salah satu ISP (Internet Service Provider) yang kebetulan sewa Tower di sekolah kita untuk memasang peralatan repeater dan router mereka di sekolah yang waktu itu kita jadikan satu dengan Lab. Komputer. Kalau tidak salah nama ISP itu adalah SPIN net. Sementara itu file-file web yang akan digunakan untuk menghiasi web smanda.sch.id masih blank tidak punya gambaran sama sekali.

Tapi yang namanya rejeki tidak akan pergi kemana. Kebetulan sekali sampoerna memberikan sebuah webserver berikut CMS Joomla  yang dikemas secara LiveCD Server2Go oleh pembuatnya "Andi si Kumbang" Owner forum JoomlaID dan joomla Plaza template. Gak perlu pakek lama seketika itu juga CMS yang sangat cantik itu ane unggah ke webhosting setelah mendapatkan ijin dari SF.

Waktu itu sosial media yang lagi booming adalah friendster sementara Facebook masih dalam kandungan, namun karena web kita saat itu di persenjatai dengan plugin CB (Community Builder) yang sudah dikonfigurasi sangat apik oleh pembuatnya sehingga mirip sekali dengan fungsionalitas Frienster sehingga pengunjung dan member tak dibuatnya bosan. Sesama member yang terdaftar di situs smanda dapat saling berinteraksi secara Private Massage, tidak hanya itu member dapat menulis artikel dan mempublisnya juga seketika itu. Jadi smanda.sch.id menyediakan blog gratis bagi pengunjung. 

Masih ingat betul waktu itu siswa kelas X SBI si Rezdi Topan Bagaskara (bener gak namanya Rez hehe) adalah siswa yang sangat aktive mengisi artikel di blognya. Suatu ketika Rezdy sedikit kena "Semprot" seseorang yang merasa memiliki tulisan yg diposting oleh Rezdi karena mengunggah artikelnya tanpa mengikutsertakan URL sumbernya :)

Hemm…, senang banget berinteraksi dan bermain-main dengan situs sekolah waktu itu. Karena dapat berinteraksi dengan alumni dan pengunjung. Ane pernah berinteraksi dengan alumni angkatan 90 AKBP Muchtarom Achmad yang dines di Lampung. dan dari beliau saya mendapatkan kabar saudara angkat saya putus kontak semenjak saya menginjak bangku SMP ditahun 1989 :)

http://smanda.sch.id emang keren (y) pernah suatu ketika kira-kira plus minus di tahun 2009 ada seorang member mengunggah sebuah artikel yang simpel namun menjadi Viral dan mengangkat rating dan posisi situs smanda.sch.id ke urutan pertama di mbah google dg berbagai keyword. Kontent tersebut berkenaan dengan Gaby..., yah geby dengan lagunya "Masih Ada" hingga ribuan komentar yang susah dipastikan kebenarannya :-P. Bisa dibayangkan situs sekolah berisi konten benar-benar diluar kontek informasi sekolah :) maklum tidak ada paparazi yang secara sukarelawan meliput dan menulis disitus sekolah. 

Sekali lagi smanda.sch.id memang sangat keren sampai hacker pun tertarik atas keberadaannya :) dua kali smanda dot sch dot id kebobolan. kala itu smanda.sch.id menggunakan joomla versi 1.10 sementara versi terbaru sudah tersedia yaitu J 1.5

Setelah pindah ke J 1.5 hilanglah sudah konten dan semua fasilitas pertemanan via plugin CB, apalagi seiring dengan berbondongnya nitizen menuju ke suatu arah yaitu Facebook, WA, Telegram dan media sosial lainnya bahkan Admin pun juga di media sosial dan melupakan smanda.sch.id.

Kini… to warga skul, mari torehkan tulisan antum semua di sini. InsyaAllah tulisan antum akan melekat di situs ini bahkan insyaAllah akan terindek ke mesin pencari seperti google dan search engine yang lainnya, InsyaAllah.

Yuk mulai sekarang kita ramaikan kembali
Wassalamualaikum
^_^

Pada Pentas Seni HUT SMANDA ke-42 kali ini panitia akan mengundang Kotak sebagai Bintang Tamu

PBS (Pekan Berkunjung SMANDA) 2017, 9-14 Januari 2017, Siap Berbagi Ikhlas Memberi - Maju Bersama Hebat Semua

Pengumuman

Dalam rangka memeriahkan HUT SMA Negeri 1 Pandaan ke-41

digelar serangkaian lomba-lomba baik Internal maupun Eksternal

Info SMANDA

Ayo segera daftarkan diri Anda

pada lomba-lomba yang digelar pada HUT SMANDA ke-41 kali ini

banyak manfaat dan keuntungan yang diperoleh...

Template Settings

Color

For each color, the params below will give default values
Blue Red Oranges Green Purple Pink

Body

Background Color
Text Color

Header

Background Color

Footer

Select menu
Google Font
Body Font-size
Body Font-family
Direction