Hari Cinta Puspa dan Satwa nasional merupakan salah satu peringatan Hari besar Lingkungan. Peringatan HCPSN akan dilaksanakn pada hari Senin, 6 Npember 2017. SMA Negeri 1 Pandaan dengan lahan lebih dari 3,6 hektar cukup memiliki khasanah keanekaragaman hayati. Beberapa satwa tidak berbahaya menghuni kawasan pepohonan dan rerumputan di sekolah. Keadaan lahan yang beragam di sekolah menjadikan lahan yang baik untuk beberapa jenis tanaman yang tidak dimiliki oleh daerah lain.

Beberapa tanaman tumbuh dengan asal yang tidak diketahui sehingga memperkaya keanekaragaman hayati.
Tujuan dari peringatan Hari Cinta Puspa dan Satwa ini adalah untuk mendekatkan manusia kepada tanaman yang memiliki keindahan dan fungsi ekosistem. Pertama kita harus mengenal tanaman dan bianatang yang ada di sekitar kita khususnya sekolah sebagai pusat pendidikan dan kebudayaan. Tidak sedikit tanaman yang dipelihara dalam rangka sebagai sarana rekreatif sehingga keindahannya sangat diutamakan, hewan-hewan yang hidup di sekolah meunjukkan bahwa mereka merasa aman. Dari situ kita perlu memperingati Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional ini.
Kegiatan untuk memperingati HCPSN di SMAN 1 Pandaan adalah dengan mengenal lebih dekat tanaman dengan cara pengindraan Barcode. Dengan pengindraan tersebut kita akan mengetahui nama, klasifikasi, morfologi, dan manfaat suatu tanaman atau hewan. Kegiatan ini akan dihadiri oleh Kepala Cabang Dinas Pendidikan Kabupaten-Kota Pasuruan, Kepala Dinas Lingkungan Hidup, dan Balai Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Purwodadi LIPI, sekolah imbas Adiwiyata, dan beberapa sekolah di kawasan Pandaan-Prigen.  Peserta akan diajak keliling untuk mendekat dan mengenal tanaman-tanaman melalui pemindaian barcode.