Berita SMANDAInfo SMANDA

KEMAH KARAKTER 2021

Satukan Jiwa Solidaritas Melalui Kegiatan Kemah Karakter

Kemah karakter adalah suatu bentuk kegiatan untuk membentuk karakter kedisiplinan dan tanggung jawab siswa. Khususnya siswa-siswi SMAN 1 Pandaan. Pada Sabtu (6/11/21) diberlangsungkan kemah karakter hari pertama di SMAN 1 Pandaan. Peserta kemah berasal dari kelas 10 dan 11 IBB 1 serta kelas 10 dan 11 IBB 2. Pelaksanaan kemah karakter ini berbeda dengan tahun sebelumnya dikarenakan masih dalam situasi pandemi. Jika tahun sebelumnya kemah diadakan secara menginap 3 hari 2 malam, maka tidak dengan tahun ini.

“Dalam waktu 10 jam jika dipersiapkan dengan baik kita optimistis. Ini lebih efektif daripada menginap terlalu banyak menganggurnya, kelelahan juga double-double, kalau kita benar-benar bisa efektifkan kegiatan ini saya kira bisa.” Tutur Bu Jazilatur Rizkiyah atau kerap disapa Ma’am Riris selaku kesiswaan.

Pukul 06.25 dilaksanakan apel pagi oleh seluruh peserta kemah karakter, petugas PMR, serta rekan-rekan dari ekstra pramuka yang menjadi petugas apel sekaligus panitia dalam penyelenggaraan kemah karakter ini.  Apel diawali dengan sambutan dari Sensei Imad dengan pembina apel Drs. Ariadi Nur Awalukianto selaku kepala sekolah SMAN 1 Pandaan, dan pemimpin apel Farhan B.S dari kelas XII MIA 1.

Setelah selesai apel, pemandu pasukan, Bayu Hadi Laksana (XII MIA 4) menggiring peserta kemah ke lapangan sepak bola untuk mendirikan tenda. Sebelum itu peserta melaksanakan protokol kesehatan yang sudah disediakan oleh panitia. Pendirian tenda berlangsung hingga pukul 07.30 kemudian peserta dipersilakan untuk menjalankan sholat dhuha di Masjid Al Azhar SMAN 1 Pandaan.

Peserta kelas 11 melaksanaan LBB yang dilangsungkan setelahnya dengan dipandu oleh Bapak Koramil selama kurang lebih 2 jam, di lapangan basket dengan menggunakan seragam olahraga. Peserta kelas 10 menuju ke ruang koordinasi atas dan mendapat materi dari staf tata tertib SMAN 1 Pandaan dengan memakai seragam pramuka. Ada pula sesi makan bersama wali kelas di area sawit hingga waktu sholat dhuhur tiba.

Untuk mempererat solidaritas panitia  menghadirkan berbagai macam lomba seperti estafet air, estafet bola, estafet tali, dan masih banyak permainan lainnya yang dilaksanakan di 3 lokasi berbeda diantaranya area parkir sepak bola, area sawit, dan di deretan depan kelas XI MIA 6-XI IBB 2.

“Tiap hari ganti game, Sabtu game ini, nanti hari Minggu beda lagi, tapi mungkin ada beberapa game yang sama.” tutur Keisha, salah satu panitia dari ekstra pramuka.

Perlombaan berlangsung hingga pukul 15.00. Peserta dipersilakan untuk sholat ashar dan berganti seragam pramuka terlebih dahulu lalu kembali ke lapangan basket untuk melaksanakan apel penutupan.

reporter : Adinda Isya Rahma Salsa Bila

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *