Berita SMANDA

EMPATI DI ERA PANDEMI

SMAN 1 Pandaan melaksanakan bakti sosial pada hari Jumat, 2 April 2021. Bakti sosial dilakukan berupa pembagian sembako kepada panti asuhan yang membutuhkan. Kegiatan tersebut bernama Smanda Charity. Smanda Charity merupakan salah satu program kerja osis. Selain itu, Smanda Charity juga sebagai salah satu rangkaian acara HUT SMANDA ke-47. Peringatan HUT SMANDA ke-47 memiliki tema “EMPHATIVE”, yakni Euphoria, Emphati, Creatif, dan Produktif.

Acara ini berlangsung selama tiga pekan, mulai tanggal 11 Maret-2 April 2021. Rincian kegiatannya yaitu pada tanggal 12-13 Maret 2021 siswa kelas X mengumpulkan sembako. Pada pekan berikutnya, yakni 19-20 Maret 2021 siswa kelas XI yang mengumpulkan sembako. Selanjutnya, semabko yang telah dikumpulkan dibagikan sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan. Pelaksanaan pembagian sembako tersebut di laksanakan pada Jumat, 2 April 2021.

Tsabita, koordinator Smanda Charity, menyampaikan kendala dalam melaksanakan acara sosial Smanda Charity. Sekolah mengalami kesulitan untuk menyampaikan informasi kepada siswa. Hal tersebut disebabkan oleh adanya pandemi saat ini. “Rencananya kita mengumumkan Smanda Charity ini lewat chat, agar informasinya bisa menyebar lebih cepat. Tapi sekolah tidak berani menyampaikan informasi tertulis pada waktu itu, karena ditakutkan  penyimpangan pandangan masyarakat terhadap acara ini,” ungkapnya.

Ada 2 panti yang menjadi target dalam acara Smanda Charity. Panti tersebut yakni Yayasan Yatim Piatu Siti Fatimah dan Lembaga Orang Tua Asuh dan Dhuafa Al Maisaroh. Amak Suyanto, pengurus Panti Asuhan Al Maisaroh, mengungkapkan bahwa panti asuhan ini pernah dilibatkan dalam acara bakti sosial yang diadakan oleh SMAN 1 Pandaan. Namun, Smanda Charity ini menjadi hal baru baginya. Hal tersebut juga dirasakan oleh Tri Hariyono, ketua Yayasan Siti Fatimah.

Menurut Moch. Jasimin M. Pd, pembina program Smanda Charity, menyatakan bahwa program berbagi yang diadakan HUT tahun ini berbeda dengan HUT sebelumnya. Pelaksanaan bakti sosial yang dilaksanakan pada tahun ini dinilai cocok, karena kita sedang mengalami dampak dari adanya pandemi Covid-19 yang tak kunjung hilang. Beliau juga memiliki harapan tersendiri dengan adanya program bakti sosial yang dilakukan oleh SMAN 1 Pandaan. “Upaya atau tujuan yang ingin diraih dalam program Charity ini kan untuk membiasakan para siswa memiliki sikap empati dan peduli kepada sekelilingnya. Terlebih disiituasi pandemi, banyak orang yang mengalami kesulitan secara ekonomi. Secara struktural pun mereka (Panti/Yayasan) termasuk kategori insan yang perlu untuk kita bantu.” ujarnya.

Adanya program Smanda Charity ini, diharapkan menjadi salah satu tradisi atau kebiasaan baik yang dijadikan sebagai agenda untuk terus diadakan. Hal tersebut dapat menjadikan siswa-siswi SMAN 1 Pandaan agar memiliki jiwa kemanusiaan yang tinggi, selalu peduli terhadap sesama, dan melakukan hal yang bermanfaat bagi lingkungan serta masyarakat sekitar.

Reporter : Rizka Rachmadini & Aisyah Wibawa
Editor : Eli Nur Faridah, S. Pd

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *