Berita SMANDA

Ayo! Cegah Virus Corona dengan Melakukan Ini!

          Virus Corona berhasil menyedot perhatian masyarakat dunia. Berita ini gempar dan terus menjadi perbincangan hangat dmana-mana. Virus ini menimbulkan banyak korban. Tapi, banyak juga yang dinyatakan sembuh dari virus yang sedang menjadi topik panas ini. Di tengah situasi yang sedang runyam ini, sebaiknya kita jangan panik, jangan terpancing emosi, dan pastikan gaya hidup yang kita jalani bersih dan sehat. Hal ini adalah salah satu bentuk upaya kita untuk pencegahan, loh, gengs.

          Ada beberapa tips yang perlu kita terapkan agar kita tidak mudah tertular oleh virus ini. Yang pertama, cuci tangan sebelum dan sesudah melakukan kegiatan apapun. Cuci tangan menggunakan sabun dan lakukan dengan benar. Oh ya, kita harus cuci tangan selama 20 detik. Kita bisa menyanyikan lagu “Pelangi-pelangi” atau “Happy Birthday 2x”, loh, gengs. Menariknya lagi, kalian bisa bernyanyi menggunakan lagu kesukaan kalian yang berdurasi 20 detik. Wah, seru banget ya!

          Yang kedua, minum air mineral yang cukup. Normalnya kita membutuhkan 2 liter air per hari atau setara dengan 8 gelas. Kita tidak boleh sampai lupa minum air, karena air dapat membantu kita untuk selalu fokus dan konsentrasi. Jika kekurangan air kita bisa dehidrasi dan menyebabkan berbagai macam penyakit yang menyerang tubuh kita. Wih, serem ya.

          Yang ketiga, perbanyak makan sayur dan buah. Sayur dan buah mengandung banyak vitamin  yang melindungi kekebalan tubuh kita. Minimal makan 1-2 buah per hari dan minimal 1 sayur. Jangan sampai tidak makan sayur dan buah, ya, gengs. Buah dan sayur itu enak, ‘kok.

          Yang keempat, menggunakan masker ketika kita sakit. Kita, khususnya masyarakat umum, sering salah kaprah tentang penggunaan masker. Masker digunakan ketika kita sakit agar tidak menular ke orang di sekitar. Orang yang sakit kekebalan tubuhnya akan turun, maka dari itu diperlukan istirahat yang cukup dan mengonsumsi vitamin. Nah, jika kita bertemu orang yang sakit sebaiknya kita memberikan mereka masker, ya, gengs. Berbagi itu indah!

          Sekarang tips yang terakhir adalah tidur yang cukup. Tidur juga penting untuk mengistirahatkan tubuh kita. Normalnya jam tidur berkisar 7-8 jam. Usahakan untuk tidak mengurangi jam tidur, karena hal ini bisa menurunkan daya konsentrasi dan fokus kita. Kalian biasanya tidur berapa jam nih? Istirahat yang cukup ya, gengs.

          Nah, itu lah beberapa informasi tentang Virus Corona dan beberapa tips untuk pencegahannya. Masih banyak lagi upaya sederhana untuk pencegahan yang bisa kita lakukan. Yang terpenting adalah jangan panik dan tetap santuy. Kita memang harus waspada, namun tidak harus sampai membuat panik yang berlebihan. Stay safe and healty, gengs!

 

Ditulis oleh 10IBB1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *