Berita SMANDAPrestasi SMANDA

Hebat, Siswa SMAN 1 Pandaan Lolos Event Ambalan Racana Jawa Timur

Foto Mella Anaya Rahmani

Musim pandemi seperti saat ini nampaknya tidak mematikan semangat siswa untuk terus berprestasi dan berkarya. Hal ini dibuktikan oleh Mella Anaya Rahmani, siswi XI IBB 2 SMAN 1 Pandaan (29-30/08/2020) yang berhasil masuk dalam 5 besar sekaligus mendapatkan dana bantuan pemberdayaan ambalan dan racana pada kegiatan Workshop dan Lokakarya Ambalan Racana Jawa Timur 2020.

Prestasi ini didapatkan dengan perjuangan yang luar biasa. Berawal ketika ia mendapat amanah untuk mengikuti Workshop dan Lokakarya yang diadakan oleh kwarda JATIM sekaligus ditunjuk sebagai perwakilan Kab. Pasuruan bersama dengan murid SMK Grati. Mella berhasil melawati 2 tahap. Pada tahap pertama, Mella harus menyelesaikan tantangan membuat proposal kegiatan. Di tahap ini, Mella berhasil lolos dengan nomor urut 6 dari 27 gudep di Jawa Timur. Tahap kedua, ia lalui dengan mempresentasikan tentang proposal kegiatan tersebut. Mella berhasil lolos dengan urutan 5 dari 17 gudep di Jawa Timur.

Foto Mella Anaya Rahmani saat mengikuti workshop daring

Tentunya kemenangan ini tidak akan dapat diraihnya dengan mudah. Apalagi ditengah pandemi seperti ini. Banyak sekali kendala yang dialami oleh Mella maupun rekan Pramuka  lainnya yang mendukung dan membantu Mella hingga dapat lolos. “Kendalanya yang pertama izin orang tua, lalu kita sulit bertatap muka untuk berdiskusi, persiapan yang mepet, dan sebagainya.” ujar Mella.

Sebelumnya, memang Mella sempat ragu dan tidak yakin akan lolos karena melihat kegiatan ini diikuti oleh ambalan dan racana atau SMA/universitas. Namun dengan kerja sama dan kerja keras baik Mella dan rekan, akhirnya mereka berhasil menduduki posisi 5 besar.

“Untuk adik-adik jangan pernah mengeluh dengan apa yang kamu hadapi meskipun waktu dan jarak yang menghalangi. Kalau bisa jika ada kegiatan-kegiatan usahakan ikut dan selalu aktif di gugus depan dan juga semangat melakukan hal baru selagi positif. Intinya selalu semangat dan pastinya kita dukung.” Pesan Mella untuk adik-adiknya di Pramuka yang nantinya akan meneruskan perjuangannya, Seperti apa yang dikatakan oleh Mella bahwa waktu dan jarak bukanlah suatu halangan. Mari kita sama-sama mewujudkan pribadi yang berprestasi. SMANDA KU, SMANDA MU, SMANDA KITA SEMUA.

Reporter : Nadya Ashila 
Redaktur : Fuat Anggrianto

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *