ANTUSIASME SMANDA DALAM PERAYAAN HARI GURU NASIONAL 2022

Jumat (25/11/22), SMAN 1 Pandaan mengadakan beberapa kegiatan untuk memperingati Hari Guru Nasional. Acara ini bertujuan untuk membangun sinergi dan chemistry  warga untuk mengapresiasi kinerja serta semangat Bapak/Ibu Guru maupun seluruh elemen pendukung KBM yang ada di sekolah. Kegiatan dibuka dengan upacara bendera dengan suasana yang berbeda. Perbedaannya apa? Perbedaannya yaitu Bapak/Ibu guru yang biasanya sebagai peserta upacara, kini bertugas sebagai petugas upacara bendera.

            Seluruh siswa-siswi selain perwakilan yang bertugas diwajibkan untuk tetap mengenakan seragam hari Jumat yakni busana muslim lengkap beserta atributnya dan bersepatu hitam. Bagi dua perwakilan kelas yang bertugas menyerahkan kenang-kenangan untuk Bapak/Ibu Guru diwajibkan memakai seragam putih abu beratribut lengkap dan diperbolehkan memakai sepatu bebas.

           Dalam upacara pun Bapak kepala sekolah membacakan pidato sambutan dari Mendikbudristek terkait peringatan Hari Guru Nasional tahun 2022. Setelah kegiatan Upacara dilakukan, dilanjutkan dengan persembahan oleh ekstrakurikuler PASKIBRA dengan membawakan banner simbolis bertuliskan “Happy Teacher’s Day” serta deklamasi puisi. Puisi dibacakan beriringan dengan pengumpulan balon dengan jumlah total 72 balon. Deklamator adalah siswa/siswi yang telah ditunjuk dengan membawakan setangkai bunga dan 2 balon beserta sticky notes bertuliskan doa atau ucapan terima kasih yang nantinya akan dibawa maju menuju banner sebagai simbolis.

           Simbolis Pelepasan Banner, yakni ketika seluruh balon dan sticky notes yang dibawa masing-masing perwakilan kelas telah terkumpul, maka Bapak kepala sekolah akan menuliskan doa dan harapan untuk seluruh warga SMANDA. Banner tersebut akan dilepaskan serta diiringi nyanyian lagu hymne guru. Suasana bertambah haru pada saat pemberian bunga setangkai kepada seluruh Bapak/Ibu Guru dan Staf TU serta adanya pisah kenang berupa foto cerita dan pigura terhadap guru yang akan purna tugas.

“Kesan saya senang banget bisa bertanggung jawab di kegiatan ini, karena pihak sekolah sendiri sudah menyatakan bahwa dari beberapa tahun ini baru pertama kali ada perayaan Hari Guru Nasional dari siswa ke guru, karena tahun kemarin cuma memperingati saja,” ujar Nazriel Afandi selaku salah satu penanggung jawab.


Reporter: Wafi Luthfika Mayangsari dan Velani Laily Noviana.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *