Berita SMANDA

Malam Membina Ketakwaan di SMAN 1 Pandaan

Shalat Isya’ berjamaah di Masjid Al-Azhar SMAN 1 Pandaan

Setiap sebulan sekali SMAN 1 Pandaan, mengadakan malam bina iman dan takwa yang disingkat MABIT. Pada bulan kedua ini dilaksanakan 2 hari yakni hari Sabtu dan Minggu. Acara itu dibuat bertujuan untuk meningkatkan nilai integritas, religius serta menambah keimanan dan ketakwaan siswa. Selain itu, juga untuk menumbuhkan sikap mandiri karena dalam acara ini siswa diwajibkan bermalam di sekolah.

            Acara ini dimulai pukul 14.15 hari Sabtu (29/02/2020). Pada kegiatan ini, diikuti oleh seluruh anggota OSIS/PK, 4 orang perwakilan kelas, siswa ekstra rohis dan imtaq.

            Di hari Sabtu (01/03/2020) MABIT diisi melalui berbagai kegiatan antara lain diskusi film bersama bapak Fathur Rohman, khataman qurÂ’an, sholat berjamaah, dan makan malam bersama. Yang ditutup dengan kajian malam oleh Pak Jufar. Setelah itu, para siswa dihimbau untuk membersihkan diri dan segera tidur. Lantaran pukul 03.00 dini hari siswa harus sudah bangun dan bersiap untuk melangsungkan sholat tahajud berjamaah.

            Selepas sholat tahajud disambung dengan siraman rohani pagi yang disampaikan oleh pak Abbas. Tak hanya berisikan kegiatan bersifat rohani saja, di hari Minggu ada senam pagi, olahraga basket dan sepak bola yang tentunya diikuti oleh seluruh siswa.

             Imad Sensei, selaku wakil kesiswaan mengatakan, realisasi acara itu cukup lama dan memerlukan peran aktif siswa agar lebih berdampak. Menurutnya, apabila acara ini diselenggarakan secara istiqomah atau terus menerus tanpa terputus, hasll dari kegiatan itu akan terlihat jelas.

            Siswa akan terbiasa untuk sholat di sepertiga malam (tahajud). Dengan itu, dapat membentuk siswa menjadi remaja yang peduli dengan masjid. Apalagi siswa wajib bermalam di sekolah membuat ia lebih mandiri dan tidak bergantung kepada orang tua. Nyatanya kegiatan ini mengandung banyak dampak positifnya atau dapat dipastikan tidak ada efek buruknya bagi siswa, tutur  Imad Sensei.

          Tidak hanya itu, bapak Luki selaku kepala sekolah cukup mengapresiasi dengan adanya kegiatan ini, karena dapat menambah iman dan ketaqwaan siswa sekaligus menambah teman dan pengalaman.

             Saya bangga atas diselenggarakannya kegiatan MABIT ini karena siswa dapat memanfaatkan waktu akhir pekannya dengan kegiatan yang positif. Saya berharap acara seperti ini terus berlanjut hingga seterusnya. Dan seluruh siswa dapat mengikuti secara bergiliran, tambah Pak Luki. (riz)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *