Berita SMANDA

SMAN 1 Pandaan Beri Bantuan Sarana Penunjang Pembelajaran Jarak Jauh

Foto bersama kepala sekolah, wakil kepala sekolah, jajaran komite, guru BK, dan penerima bantuan

Pembelajaran daring atau PJJ (pembelajaran jarak jauh) masih dilaksanakan hingga sekarang sesuai dengan himbauan dari pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Kebijakan PJJ secara tidak langsung mengharuskan setiap peserta didik memiliki sarana pembelajaran berupa smartphone atau telepon pintar beserta penunjang lainnya. Namun, tidak semua peserta didik memiliki kemampuan yang sama memiliki smartphone sehingga proses pembelajaran tidak seluruhnya berjalan maksimal selama Pandemi Covid 19, tidak terkecuali kegiatan pembelajaran di SMAN 1 Pandaan.

Pada Kamis (03/09/20) SMAN 1 Pandaan mengadakan kegiatan pembagian serta peminjaman gawai bagi peserta didik yang tidak memiliki sarana penunjang untuk melaksanakan belajar dari rumah. Acara yang dihadiri oleh Drs. Ariadi Nur Awalukianto, M. Pd., selaku kepala SMAN 1 Pandaan, jajaran komite, serta waka humas, wali murid, dan siswa/siswi yang memiliki kendala sarana penunjang PJJ. Upaya tersebut sebagai bentuk kepedulian sekolah dan bertujuan membantu memenuhi sarana pembelajaran bagi peserta didik yang kesulitan. Selama ini laporan yang diterima sekolah bahwa banyak peserta didik yang tidak menghadiri pembelajaran daring karena alasan tidak tersedianya gawai.

Dana yang digunakan untuk bantuan sarana penunjang pembelajaran didapatkan sebagian dari dana BOS (Bantuan Operasional Sekolah) dan bantuan dari orang tua serta para donatur yang memiliki kepedulian dalam dunia pendidikan terutama di lingkungan SMAN 1 Pandaan. Selain itu, dana yang didapatkan juga berasal dari dana sosial yang diperoleh dari program CSR dan sebagian juga diperoleh dari Ibu Ningsih Tinampi. Dari seluruh perolehan dana tersebut, selain dialokasikan bantuan berupa gawai, juga diwujudkan dalam bentuk paket data internet untuk peserta didik SMAN 1 Pandaan secara keseluruhan.

Penyerahan gawai oleh Ketua Komite SMAN 1 Pandaan

SMAN 1 Pandaan belum bisa memastikan sejauh mana kegiatan bantuan berupa peminjaman gawai sebagai sarana penunjang pembelajaran tersebut terlaksana dalam jangka waktu ke depan. Hal ini tentu memperhatikan situasi selama masa pandemi. Sekolah tidak berencana memutuskan bantuan fasilitas pinjaman gawai selama masih dibutuhkan untuk menunjang pembelajaran. Bantuan pinjaman gawai ini utamanya diperuntukkan bagi peserta didik yang memang keluarganya kurang mampu dalam memenuhi fasilitas belajar yang menunjang selama pandemi.

“Daripada anak saya tidak bisa mengikuti pembelajaran dengan baik, saya beritahukan (kendala) kepada pihak sekolah.”

Ucap Bu Riani, salah satu wali murid penerima bantuan.

Sekolah berharap agar setiap peserta didik yang kesulitan dalam pembelajaran daring segera melaporkan kepada pihak sekolah, agar mendapatkan bantuan. Dalam hal ini, sekolah berharap peminjaman fasilitas tersebut dapat mengurangi beban peserta didik dan orang tua. SMAN 1 Pandaan berharap akan ada dana-dana penunjang khususnya dari lembaga terkait guna memaksimalkan kegiatan pembelajaran jarak jauh di era pandemi Covid 19 ini. Dengan adanya kegiatan bantuan sarana penunjang pembelajaran, diharapkan semua peserta didik mampu mengikuti pembelajaran dengan baik dan tidak menyalahgunakan fasilitas yang dipinjamkan dari pihak sekolah.

Fotografer : Bagas Dwipradipta & Sheptia Cahya Anggun Sabrina
Reporter : Dannysha Putri & Kayla Humaida
Redaktur : Alfina Wardani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *