Prestasi SMANDA

Siswa SMAN 1 Pandaan Berhasil Menjadi Wakil Jawa Timur dalam Ajang KSN

Foto bersama Drs. Ariadi Nur Awalukianto, M. Pd., kepala SMAN 1 Pandaan dengan Alvin Alfaros

SMAN 1 Pandaan kembali menorehkan prestasi, kali ini datang dari bidang akademik. Setelah mengikuti Kompetisi Sains Nasional tingkat Provinsi (KSN-P) bidang Fisika, Senin (10/8/2020) secara daring, akhirnya Alvin berhasil lolos menjadi salah satu perwakilan Jawa Timur dalam Kompetisi Sains Nasional (KSN) bersama 9 orang lainnya. Siswa dengan nama lengkap Alvin Alfaros ini akan melaksanakan Kompetisi Sains Nasional yang akan diselenggarakan di Bangka-Belitung pada Oktober mendatang. Bersaing dengan siswa/siswi dari berbagai provinsi di Indonesia.

Sebelumnya, ada 10 siswa/siswi SMAN 1 Pandaan yang telah mengikuti Kompetisi Sains Nasional tingkat Provinsi (KSN-P) bersama Alvin di berbagai bidang yang berbeda. Mereka telah melaksanakan kompetisi yang diadakan oleh Pusat Prestasi Nasional, Sekretariat Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan di tanggal yang berbeda – beda, mulai dari 10 – 14 Agustus 2020 sesuai bidang yang diikuti.

Kepala SMAN 1 Pandaan, Drs. Ariadi Nur Awalukianto, M. Pd.

Kepala SMAN 1 Pandaan Drs. Ariadi Nur Awalukianto, M.Pd mengungkapkan, keberhasilan Alvin merupakan penantian panjang Kabupaten Pasuruan setelah sekian lama siswa/siswi Kabupaten Pasuruan belum mendapat kesempatan lolos ke tingkat nasional dan Alvin mendapat hasil terbaik dalam kompetisi ini. Sekolah juga sangat serius mempersiapkan peserta didiknya dalam mengikuti kompetisi bergengsi bidang akademik ini. Terhadap seluruh peserta yang turut mengikuti KSN-Provinsi Agusutus kemarin, sekolah memberikan bimbingan dan pendampingan secara penuh dengan menghadirkan beberapa pembimbing dan pembina yang kompeten di bidangnya. Dalam persiapan Kompetisi Sains Nasional (KSN) nanti, sejauh ini sekolah telah menghadirkan pembina dan pembimbing dari ITS yang juga merupakan alumni SMAN 1 Pandaan yang telah membimbing Alvin mulai dari persiapan KSN-Provinsi kemarin. Nantinya akan dihadirkan satu lagi pembina yang lebih representatif dan telah berpengalaman dalam pembinaan KSN tingkat Nasional

Dari pencapaian yang telah diraih Alvin, SMAN 1 Pandaan mendukung penuh prestasi siswa didik dalam hal akademik.
“Karena keberhasilan sekolah itu ya keberhasilan di bidang akademik sebagai barometernya,” ungkap kepala SMAN 1 Pandaan.

Beliau juga meminta doa serta dukungan untuk Alvin dalam Kompetisi Sains Nasional (KSN) bidang fisika.
“Kepada seluruh warga SMAN 1 Pandaan mohon dukungan untuk Alvin pada tahap berikutnya, hal ini dapat dijadikan pelajaran berharga bahwa potensi anak-anak SMAN 1 Pandaan sangat luar biasa. Tinggal kita memberikan pendampingan yang maksimal, Insyaallah akan banyak muncul Alvin-Alvin lainnya, tidak hanya di bidang fisika bisa juga di bidang mata pelajaran lainnya, “ tambahnya.

Reporter   : Azizah Qurrota A.R.
Fotografer : Al-dzikri Bangun
Redaktur : Resi Dian

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *