Berita SMANDA

KEGIATAN PONDOK RAMADHAN SMAN 1 PANDAAN

Ramadhan adalah bulan yang sangat mulia, banyak kegiatan dilakukan di bulan Ramadhan. SMAN 1 Pandaan menyelenggarakan kegiatan pondok ramadhan mulai tanggal 26 April sampai 8 Mei 2021 bertempat di Masjid Al- Azhar. Harapan yang ingin dicapai dalam kegiatan ini adalah dapat meningkatkan keimanan dan ketaqwaan terhadap Allah SWT dan  menambah wawasan keagamaan peserta didik.

Kegiatan dimulai pukul 14.00 WIB, sebelum menuju masjid Al- Azhar siswa diarahkan untuk mencuci tangan dan melewati bilik disinfektan. Kegiatan ini diawali dengan pengumpulan zakat, surat izin orang tua, dan buku pondok ramadhan. Kemudian siswa melaksanakan shalat ashar berjamaah, dilanjutkan dengan tadarrus Al Quran. Pukul 16.00 WIB masuk ke acara inti yaitu kajian terkait Ramadhan yang dipimpin oleh ustadz dari ponpes diantaranya Ust. Munir kholil ( Hari ke- 1 dan 2), Ust. Slamet Kustaji ( Hari ke- 3,4, dan 9) , Ust. Wahyudi ( Hari ke- 5 dan 6), Gus Subhan Suyuti ( Hari ke- 7 dan 8), Ust. Sugianto M.Pd ( Hari ke- 10), Ust. Fuat Junaidi ( Hari ke- 11 dan 12). Kajian ini disiarkan live melalui Youtube SMAN 1 Pandaan. Pada pukul 17.00 WIB perwakilan kelas yang hadir diperkenankan membagikan takjil yang sudah dipersiapkan masing- masing kelas. Ketika waktu berbuka tiba siswa diarahkan menuju Aula Bawah untuk buka bersama. Acara diakhiri dengan sholat tarawih dan pesan- pesan dari dewan guru pendamping.

“Tanggapan saya mengenai pondok romadhon ini yaitu dengan adanya kegiatan pondok romadhon di masa pandemi ini peserta didik dapat menertipkan diri seperti kesadaran untuk menerapkan protkes secara maksimal, melasanakan sholat berjamaah dengan menjaga jarak, dll” ujar bapak Jufar selaku guru SMAN 1 Pandaan.

Menurut Ust. Munir Kholil Pondok Ramadhan ini sudah terselenggara dengan baik. Siswa sangat interaktif saat kajian berlangsung. Hanya saja beliau merasa materi yang dibawakan terlalu berat untuk siswa SMA. Menurut siswa kegiatan ini sangat menarik “ Kegiatan ini sangat berkesan dan menarik, karena bisa makan bersama dengan teman- teman dan juga bisa bagi- bagi takjil” ujar Delta salah satu siswa peserta Pondok Ramadhan.

Reporter :  Bita dan Intan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *