Berita SMANDAInfo SMANDA

BENTUK PEDULI SESAMA MELALUI DONOR DARAH

Donor darah adalah proses pengambilan darah dari seseorang secara sukarela untuk disimpan di bank darah sebagai stok darah untuk kemudian digunakan untuk transfusi darah. Sebagai bentuk peduli akan sesama, SMAN 1 PANDAAN menggelar kegiatan donor darah pada hari Senin (15/11/2021).  Sasaran dari kegiatan ini adalah warga SMAN 1 Pandaan dan keluarga. Donor Darah ini sangat bermanfaat bagi dua belah pihak, dari pihak pendonor maupun pihak penerima.

            Ada batasan untuk mendonorkan darah yaitu rentan waktu 3 bulan, namun ada peraturan permenkes terbaru terkait rentan waktu donor darah yaitu 2 bulan. Dengan waktu 2 sampai 3 bulan memberi kesempatan sang pendonor untuk membentuk antibodi mereka.

           “Manfaat donor darah ini luar biasa bagi pendonor maupun sang penerima, yang menerima bisa sembuh dan yang mendonorkan bisa terhindar dari penyakit jantung koroner dan Stroke. Penyakit ini sekarang tidak hanya menyerang pada manula, namun usia remaja pun bisa terkena penyakit tersebut.” ungkap Sony Sumarno, selaku tim donor darah PMI.

          “Tujuan di adakan donor darah disini adalah untuk menumbuhkan rasa empati dan peduli terhadap sesama warga SMAN 1 PANDAAN. Keuntungan donor darah ini adalah meningkatkan produksi sel darah kita dan menjaga kesehatan jantung” ujar Bita, selaku ketua penyelenggara kegiatan donor darah.

         Dengan demikian kegiatan donor darah memiliki banyak manfaat, baik dari segi kesehatan maupun segi keperdulian terhadap sesama. Kegiatan Donor darah ini membuktikan jika manusia adalah makhluk sosial yang membutuhkan satu sama lain.

Reporter : Salsabila ( XI IB 2 ) Afrizia Dita ( XI MIA 5 ) 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *