Berita SMANDAPrestasi SMANDA

Borong Prestasi di Kala Pandemi

Kompetisi Sains Nasional (KSN) tingkat Kabupaten dilaksanakan pada Jumat (4/6/21) bertempat di sekolah masing-masing dikarenakan masih dalam situasi pandemi. Kompetisi ini diikuti oleh lebih dari 100 peserta di seluruh Kabupaten Pasuruan yang sebelumnya sudah melalui tahap seleksi di tingkat sekolah.

Pada tahap seleksi tersebut akan dipilih 6 besar dari setiap bidang ksn yang nantinya diambil 3 peserta dengan nilai tertinggi untuk lanjut ke tingkat kabupaten. Dari sekian banyaknya peserta, SMANDA berhasil menyabet 10 penghargaan KSN dalam berbagai bidang study. Di bidang geografi terdapat 3 juara diantaranya Aurora Erlahira (XI IIS 2) sebagai juara 2, Yosafat Christian Nugroho (XI IIS 3) sebagai juara 4, dan Cindy Putri (XII IIS 1) sebagai juara 5.

Kemudian di mapel Kimia ada Putra Adi Prayoga (XII IA 4) sebagai juara 2 dan Kevin Dio Athilla (XII IA 4) sebagai juara 5. Berlanjut di mapel Fisika yakni Pujo Satriya Ananta (XII IA 4) sebagai juara 1. Lalu untuk mapel Biologi dimenangkan oleh Siti Nur Fadillah (XII IA 4) sebagai juara 1, ia menjadi juara bertahan pada mapel biologi, tahun sebelumnya ia juga mendapatkan juara 1.

Tak kalah membanggakan lagi, juara 3 besar KSNK bidang Matematika berhasil diborong habis oleh siswa-siswi SMANDA yang seluruhnya berasal dari kelas XII IA 4, diantaranya Moch Avin sebagai juara 1, Adisty Revania Halim sebagai juara 2, dan Dio Hari Syahputra sebagai juara 3.

“Jujur, ga nyangka karena dari awal emang ga expect apapun, tapi dengan jadi juara dan lolos ke tahap selanjutnya tuh jadi bikin tambah semangat belajar,” ungkap Aurora XI IIS 2 selaku juara KSNK Mapel Geografi.

Menjadi juara olimpiade bukanlah hal yang mudah, proses panjang dan banyak rintangan mereka hadapi untuk menyabet gelar “Juara”. Ikhtiar dan doa tidak boleh luput dan harus berjalan beriringan agar segala impian dapat tercapai.

“Pokok jangan menyerah. Cara belajar ngga harus hafalan, mending bawa have fun! Masih ada tahun depan buat kelas 11 dan masih banyak peluang buat kalian! Keep fighting and I’m striving for the highest!” tutur Yosafat untuk teman-teman lainnya yang tengah berjuang di KSN.

Selain KSN, siswi-siswi SMANDA juga berhasil mendapat juara 2 Lomba Video Pendek berjudul “Titik Balik Sebuah Harapan” dalam rangka Hari Jadi Pasuruan ke 1092. Pemenang lomba berasal dari kelas X IIS 1 yang beranggotakan 4 orang, diantaranya Adhiela Maziya Afkarina, Balqis Tsany Putri, Clarissa Nasywa Aura Sakino, dan Nadia Rizky Wijaya.

Pembagian penghargaan bagi seluruh pemenang lomba dilaksanakan ketika upacara bendera hari Senin (20/9/21) di lapangan basket SMANDA. Hari itu  merupakan upacara perdana setelah satu setengah tahun tidak diberlangsungkan karena pandemi. Setelah itu, para pemenang foto bersama dengan kepala sekolah beserta guru-guru pembina.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *