Berita SMANDAInfo SMANDA

TUNJUKKAN BAKAT MELALUI PAMERAN SENI DAN RUNWAY DI ACARA PORSENI SMANDA

Senin (20/06/22) – Selasa (21/06/22) SMA Negeri 1 Pandaan melanjutkan kegiatan PORSENI berupa pameran seni dan runway. Senin (20/06/22) pukul 08.00 WIB dilaksanakan pembukaan pameran seni yang bertempat di aula atas. Tema yang diangkat yaitu “Retro 90’s” dengan tujuan untuk menampilkan karya seni kepada warga SMANDA serta bentuk apresiasi karya seni yang dihasilkan.

Karya yang dipamerkan dalam pameran seni ini ialah karya AOS, perwakilan kelas, dan donatur karya dari internal. Motivasi diadakannya pameran seni untuk siswa-siswi SMANDA untuk memamerkan karya anak AOS yang selama ini dibuat, untuk mengapresiasi bagi pemilik karya, dan mengembangkan jiwa seni pada setiap warga SMANDA. Selain itu, acara pameran ini menjadi salah satu untuk memeriahkan event porseni.

Salah satu peserta pameran mengatakan bahwa dengan ditampilkan karyanya di acara pameran seni, ia merasa bangga dan dihargai karena hasil usahanya ternyata tidak sia-sia karena ada beberapa pengunjung yang mengapresiasi karya-karyanya dan ia merasa tidak semua siswa dapat menjadi seniman di pameran ini.

 “Dengan adanya pameran ini saya ingin lebih banyak berkarya lagi agar dapat mengasah kemampuan saya sekaligus memberikan karya-karya yang terbaik untuk para pengunjung kedepannya,” harap Roro Ayu Mustikasari, selaku peserta pameran seni.

Pada hari Selasa (21/06/22) pameran seni masih berlangsung dengan acara catwalk 90’s. Acara catwalk 90’s pertama kali dilaksanakan di SMANDA. Pada pukul 07.20 WIB acara tersebut dibuka. Acara dibuka dengan penampilan ekstra karawitan, tari, dan classmeet awarding. Lomba catwalk 90’s mengangkat tema “Kembangkan Kreativitas, Bernostalgia di Era Milenial’’. Tujuan khusus diadakannya runway kali ini guna mencari bibit-bibit sebagai modeling SMA Award. Selain itu, acara catwalk 90’s sebagai wadah untuk mengembangkan kreativitas warga SMANDA. Penilaian yang dilakukan pada ajang runway ini dilihat dari catwalk, intonasi narasi narator dan best costume.

Persiapan untuk runway kali ini banyak banget, dari persiapan pra-acara itu menyiapkan stage catwalk, koordinasi sama juri, briefing peserta dan gladi bersih sebagai persiapan peserta, tutur Vera, sebagai panitia runway.

Tema yang diangkat kali ini belum pernah diangkat pada tema sebelumnya dan diharapkan dapat menumbuhkan jiwa-jiwa kreativitas dan antusiasme dari warga SMANDA.

“Jangan cuma siswa menurut Bu Rury, jadi sebenernya guru juga excited banget. Jadi waktu tau bahwa pake pakaian 90-an itu, kok gurunya gapake baju 90-an, kok cuma hanya siswa-siswi yang pake pakaian 90-an. Padahal sebenernya banyak guru-guru yang mungkin mereka mengikuti lah waktu di era 90-an itu mereka di usia yang masih muda akan bernostalgia lagi. Mungkin untuk next kalian bisa pakai tahun 2000 an atau apa, nanti guru-guru diajak untuk bergabung, harap Bu Rury, selaku juri di acara catwalk 90’s runway.

Pemenang catwalk 90’s runway dikategorikan pada juara umum dan juara best costume. Juara umum kelas 10 jatuh kepada kelas 10 MIA 1, juara umum kelas 11 jatuh kepada kelas 11 IS 2, dan juara best costume jatuh kepada kelas 10 MIA 5.

 Reporter : Diffa Felisha P. A dan Nur Aini Dwi R. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *