Berita SMANDAInfo SMANDAUncategorized

MENGENAL LEBIH DEKAT SERBA-SERBI PPDB DAN PROSES DAFTAR ULANG DI SMA NEGERI 1 PANDAAN

Serangkaian daftar ulang selepas PPDB online dilaksanakan pada Kamis (07/07/2022) pukul 08.00 – 15.00 WIB yang dilaksanakan di aula bawah dan aula atas SMAN 1 Pandaan. Daftar ulang ini dilaksakan untuk memverifikasi dan merekap data siswa yang dinayatakan lolos saat PPDB online yang berjumlah 432 siswa. Tahap PPDB 2022 dilakukan secara online yang dibagi menjadi 3 tahap. Tahap pertama terdapat jalur afirmasi, jalur perpindahan tugas orang tua/wali, dan jalur prestasi hasil lomba. Tahap kedua yaitu jalur prestasi nilai akademik dengan cara seleksi rata-rata nilai rapor SMP selama 5 semester sebagai acuan untuk meranking seluruh pendaftar. Lalu, tahap ketiga  adalah tahap zonasi. Pemerintah menyediakan jalur zonasi untuk memfasilitasi siswa mendaftar berdasarkan ranking jarak rumah yang terdekat dengan sekolah.

Ketiga tahap tersebut tentu memiliki berbagai kendala, salah satunya yang dikeluhkan oleh Shinta Nur Aini, siswa nilai tertinggi yang diterima jalur rapor,“Pas dari ambil pin sih masih lancar. Nah, pas daftar kan dibuka jam 1, itu macet. Terus lagi nilai saya di situsnya itu sempet dikurangi jadi kecil gitu jadi 60an, tapi syukur nilainya jadi balik lagi kayak aslinya.”

Alur daftar ulang diawali dengan verifikasi data untuk membuktikan bahwa siswa tersebut lolos menjadi siswa SMA Negeri 1 Pandaan dengan cara menunjukkan bukti penerimaan PPDB 2022. Kedua, para calon siswa mendapatakan nomor antrean untuk dipanggil menuju aula atas. Ketiga, siswa yang menunggu di aula atas dipanggil berdasarkan nomor antrean untuk verifikasi berkas dengan petugas. Terdapat enam meja yang disediakan oleh panitia untuk verifikasi berkas. Masing-masing meja dilengkapi dengan komputer aktif yang sudah terhubung dengan sistem. Tahap terakhir, setelah verifikasi berkas siswa akan mendapatkan pemberitahuan mengenai kegiatan-kegiatan pada hari berikutnya.

Tak hanya PPDB online yang memiliki kendala teknis, proses daftar ulang pun kerap menemui kendala seperti kesiapan perangkat. Akan tetapi, kendala tersebut segera ditangani oleh para teknisi. Tak hanya itu, kendala lain yaitu terjadinya kesalah pahaman orang tua/wali siswa yang tidak diperkenankan memasuki lingkungan sekolah pada saat daftar ulang. Akhirnya, mereka bergerombol di area depan pagar. Jika dibandingkan tahun lalu, daftar ulang tahun ini lebih sistematis dan efisien karena siswa mengurus secara mandiri dengan proses yang cukup mudah dan cepat.

Serba-serbi jalur yang disajikan oleh pemerintah juga menghasilkan siswa dengan beragam latar belakang yang variatif. Seperti halnya Shinta Nur Aini dari SMP Negeri 2 Pandaan yang diterima melalui jalur prestasi nilai akademik dengan rata-rata rapor 93,3. Selanjutnya, ada Davin Hartanto yang berasal dari SMP Swasta Anak Bangsa Cerdas yang diterima melalui jalur prestasi hasil lomba dengan predikatnya sebagai seorang tahfiz Al-Qur’an 12 juz. Tak hanya itu, Silla Agustin dari SMP Negeri 1 Trawas juga diterima pada jalur yang sama karena bakatnya di bidang kepenulisan. Ia berhasil menghasilkan sebuah karya yaitu buku antologi puisi. Puisinya berada di urutan 3 besar sehingga dibukukan bersama jajaran penulis lainnya. Kabarnya, Silla Agustin akan meluncurkan sebuah novel pada tahun ini. Siswa selanjutnya yaitu Bagus Harianto. Dia yang berasal dari SMP Negeri 2 Gempol yang lolos melalui jalur afirmasi. Mereka mengaku bahwa SMA Negeri 1 Pandaan merupakan SMA impian mereka, bahkan impian orang tua mereka juga. Mereka sangat bangga dan bahagia telah diterima di SMA yang diidam-idamkannya selama ini.

 Reporter: Aisyah Putri Wibawa dan Sa'diyah Putri 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *